Animasi Frame By Frame pada Flash 8 Pro

Diposting oleh karaengsijaya on 23.22

Film kartun adalah salah satu contoh animasi frame by frame. Pada Bab prinsip-prinsip animasi pernah disinggung salah satu prinsip animasi yaitu pose to pose dan tweening, prinsip animasi yang berhubungan dengan animasi frame by frame adalah prinsip pose to pose. Animasi frame by frame menuntut seorang animator untuk membuat sekian banyak gambar akan tetapi akan dihasilkan animasi yang halus (gerakan yang halus).
Pada macromedia flash Animasi frame by frame dapat didefenisikan sebagai gambar bergerak yang dihasilkan oleh rangkaian gambar diam yang ditempatkan pada setiap keyframe di timeline. Head akan bergerak sepanjang timeline dan gambar-gambar diam pada tiap keyframe akan ditampilkan pada layar, karena gambar-gambar diam pada setiap keyframe merupakan rangkaian suatu gerakan maka ketika head bergerak dengan kecepatan diatas 7 Fps Kita akan melihat sebuah gerakan (jika head bergerak dengan kecepatan dibawah 6 Fps Kita hanya akan melihat pergantian gambar statis, bukan rangkaian gerakan).
Untuk memudahkan pemahaman terhadap proses pembuatan animasi frame by frame perhatikan gambar timeline dibawah.

MEMBUAT ANIMASI FRAME BY FRAME (KASUS I)
Animasi Anjing Berlari
Perhatikan rangkaian gambar berikut:
rangkaian gambar dibawah adalah rangkaian gerakan anjing yang sedang berlari. Berikut ini merupakan cara membuat animasi frame by frame untuk gambar disamping:
1. Buat documen baru (File>New>Flash Document)
2. Pada panel Properties aturlah kecepatan frame = 12 FPS
3. Pada Key Frame 1 buatlah gambar 1 pada stage
4. buat keyframe ke 2 (Klik kanan pada frame 2 pilih Insert
Key Frame
5. hapus objek/gambar frame 2 pada stage dan gantikan
dengan gambar ke 2
6. lanjutkan dengan membuat keyframe 3 (klik kanan pada
frame 3 pilih Insert KeyFrame
7. hapus objek/gambar frame 3 pada stage dan gantikan
dengan gambar ke 3
8. ulangi langkah 4 dan 5 untuk membuat key frame 4,5,6,7

Catatan:
· Posisi setiap gambar pada stage selalu sama, gunakan guide line untuk mengatur posisi objek agar selalu sama
· Untuk lebih mudah, gunakan 2 layer layer 1 untuk lantai dan layer 2 untuk coco

Kasus II
Animasi berlari

Sebagaimana langkah-langkah pada kasus sebelumnya. Gambarlah urutan gambar diatas pada frame yang berbeda. Untuk kasus animasi berlari dibutuhkan 30 keyframe





0 komentar: